BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SE.SH.MH., Asih Mintarsih / Firda


Penasihat : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Darma Kusuma


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Muhadi


Wakil Pemimpin RedaksI : Rukmana Hermada


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Darma Kusuma, Wastija, Ferry Rusdiono, Brigjen Pol (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi, Wagi Altasya, Ating


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Nurrudin


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Andri, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono, Showadi, Akrudi SH, Nurkaman SH, Betran Ernowo, Rizqin, Ahmad Yani, Khaerunisa


Pemasaran : Renaldo Ernowo SE


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng :


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung :


Ketua Investigasi : Suswantoro .


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Piem Apriyanto


Kabupaten Cirebon : Dasuki


Cirebon Timur :


Cirebon Utara : Supriyadi


Cirebon Barat : Diding .


Indramayu :


Kuningan :


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi :


Bali : Neti herawati SE


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara : Yusniaty / Okti


Tegal :



Brebes : Tuti Setiawati


WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga Tatang, Godrianto, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Suparman, Safitri, Moch Prayogi, Sulaeman


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : .


Indramayu :


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Fitri Herliani


Bandung : Jamaludin


Cimahi :


Bekasi : Siti Sarah


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0895 7087 71888 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Dinas Pariwisata Laksanakan Sosialisasi Pembebasan Lahan 10 M Wisata Bagendit Dua Desa Sukaratu Garut


Koran Cirebon ( Garut ), 18/11/2020.Kepala Desa Sukaratu H. Udin Hasanudin menyampaikan terkait hasil sosialisasi untuk pembebasan lahan 10 Meter dari patok Situ Bagendit sesuai program dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun dari Kabupaten Garut, Rabu, 18/11/2020.


"Hari ini masyarakat diundang  Dinas Pariwisata yaitu sosialisasi masalah tanah yang dibutuhkan oleh Pemda itu sekitar 10 meter dari patok Situ Bagendit"


Tujuan Pemda Garut termasuk Pemerintah Pusat dengan diadakannya sosialisasi untuk pengadaan tanah itu untuk pedestrian kepentingan dan keperluan masyarakat, dalam meningkatkan perekonomian yang ada di lingkungan Desa Sukaratu.



Adapun warga yang terlibat dalam pembebasan lahan untuk wisata kurang lebih sekitar 50 orang atau 50 bidang tanah warga, Ujarnya


Sosialisasi ini merupakan tahap awal, tahapan berikutnya yaitu pemberkasan yang diperlukan dengan kepemilikan tanah baik itu SPPT, AJB, segel, sertifikat, dan identitas pemilik lahan.



Mudah-mudahan dalam kurun waktu secara kalender tanggal 20 Desember 2020 sudah selesai dan sudah diadakan pembayaran, karena pada tanggal 25 Desember 2020 sudah cuti bersama,


Harapan kami untuk pembebasn lahan yang melibatkan 50 bidang bisa dilepas masyarakat dan dapat penggantinya dengan harga setandar tahun ini dan juga nantinya bisa berusaha di wisata situ bagendit.


Selain itu kedepannya kami berharap terhadap pemerintah daerah dan pusat tolong dapat melibatkan dan memberdayakan masyarakat yang terkena pembebasan tanah. Tutupnya.


Camat Banyuremi H. Jujun Juhana, S.Sos, M.Si menegaskan dalam pembebasan lahan untuk kepastian hukum diharapkan untuk mengurus dokumen dokumen bekerja sama dengan pihak desa terkait dengan kepemilikan tanah, Ungkapnya.



Sesuai arahan Dinas Parawisata pemilik lahan harus yakin bahwa tanah itu milik kita yang dapat mengatakan dan menerangkan berkaitan dengan surat tanah, sertifikat atau SPPT, dan surat bukti lain kepemilikan.


Kita berharap pembangunan ini berlangsung dengan lancar dengan baik dan sukses tanpa ekses, karena pembangunan wisata ini merupakan kebanggaan masyarakat karena kelas dunia, dan kita harus proaktif untuk menyambut, Ujarnya


Appraisal (penaksir harga) Gilang Idham Ibrahim, S.Ikom menjelaskan bahwa tata cara untuk melakukan penilaian harga lahan kepentingan umum berdasarkan Undang-undang No 2 tahun 2012 hal itu kita jadikan patokan harga. Ucapnya


Bentuk ganti rugi harga penggantinya kepada pemilik lahan sesuai nilai fisik dan nilai non fisik, nilai fisik itu berupa tanah bangunan, tanaman tumbuh yang ada, kalau non fisik yaitu kerugian usaha dan lama usaha itu semua diperhitungkan, Tuturnya.


Selain itu kami melaksanakan konsep keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dari sisi pandangan Pemerintah lahan yang digunakan bisa memanfaatkan untuk menstabilkan perekonomian yang adil dan bermanfaat. Ujarnya.


Kabid pariwisata Disparbud Bambang Heri Suswanto, S.E, M.Si menuturkan pertemuan hari ini dalam rangka menindak lanjuti nota kesepahaman antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten Garut, Ungkapnya.


Kaitan dengan pembangunan kawasan wisata terpadu SItu Bagendit yang mana salah satu poin tersebut yaitu pembebasn Lahan harus clear (ukuran batas tanah tepat) dan clean (tidak sedang digunakan untuk kegiatan ekonomi atau orang lain yang tidak berhak).


Alhamdulillah dari hasil pertemuan sosialisasi ini masyarakat mendukung untuk pengadaan lahan untuk peruntukan pedestrian (sarana jalan transportasi) di kawasan wisata terpadu gerbang dua situ Bagendit Desa Sukaratu.


Konsep dasar dari pembangunan ini dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Situ Bagendit dan menjadi salah satu destinasi wisata kelas Internasional, Pungkasnya.


Turut hadir dalam acara tersebut

Danramil 1110/ Banyuresmi Kapten INF. Enjang Santana, Kanit lantas Polsek Banyuremi Ipda Mahmudi, Babinsa Desa Sukaratu Sertu Zulfikar, Bhabinkantibmas Brigadir Ade Yusup Romadhon, ketua Rw, dan Staff bidang pariwisata Neni Purwani.


(Beni.Asih Mintarsih).

Banner

Post A Comment: