Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma Asih Mintarsih, Sudi Aji, Lian Lubis, Ferry Rusdiono,Bima


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Staff Redaksi : Muali, Azis Kurniawan


Pemasaran : Iip Anipah, Nex Pusman Fitri


Layout : Jegrog


Korwil : Nurzaman


Kaperwil Jateng : Viosari SE

KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur :


Cirebon Barat : Jaeni ( Bang Jack )


Indramayu :Parto


Kuningan : Kodir Danu Wijaya


Majalengka : Dede Sukmara,


Banten : Asmari Abdulrrochim


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Tegal : Fahrizal



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang,Febri, Agusra Efendi, Prayoga


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Jaeni/Bang Jack, Nurhendi,Tri Karsohadi


Subang :Arthur


Kuningan : Valeriana, Renaldo Ernowo


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin, Ade Prayitno, Haryanto


Indramayu :Muhamad Lutfi, Sugono, Suparta


Jawa Tengah : Tuti Setiawati


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Dade

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Bekasi :Novianto Kurniawan


Bengkulu : Keno Helwan

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 081321300641 - 085974029828

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 


 







PMDES KARYASARI Laksanakan Gerakan Tanam Dan Pelihara Pohon (GTPP) 50 Juta Pohon Jabar Juara


Koran  Cirebon   ( Garut ), 21/12/2020. Gerakan tanam dan pelihara pohon merupakan gerakan penghijauan yang akan ditanam disepajang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampung Sumur Bandung dan ditempat-tempat lahan tanah Kosong yang ada diwilayah Desa Karyasari Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Jawa Barat. Jum'at, 18/12/2020.


DAS  Kampung Sumur Bandung merupakan kawasan untuk menerima menyimpan dan mengalirkan air hujan yang jatuh melalui sungai untuk menghindari kekeringan di musim kemarau.



Begitupun gerakan tanam dan pelihara 50 Juta pohon merupakan gerakan program Gubernur 

Jawa Barat untuk menuju Jabar juara lahir dan batin, dengan selogan Leuweung hejo rakyat ngejo, leweung ruksak rakyat balangsak.


"Leweung Hejo Rakyat Ngejo, Leweung Rusak Rakyat Balangsak"


Kepala Desa Karyasari Gaya mulyana mengatakan program penanaman dan pemeliharaan pohon itu, merupakan kegiatan penanaman pohon yang di salurkan oleh Dinas perhutanan kabupaten Garut melalui Kecamatan Banyuresmi dan diimplementasikan oleh Pemerintah Desa Karyasari, ucapnya.



Dengan adanya penanaman pohon di lingkungan Desa Karyasari yang berjumlah 4.100 pohon mulai jenis pohon sengon atau yang dinamakan Alba dan dengan 100 pohon mangga dan 100 pohon nangka.


Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan penanaman pohon di lingkungan Desa Karyasari, diharapkan jajaran kepengurusan supaya bisa memperhatikan dari awal penanaman sampai jenjang untuk pemeliharaannya.


Begitupun dikarenakan cuaca situasi dan kondisi seperti sekarang lagi musim pandemi Covid-19, mudah-mudahan sirkulasi udara bisa terserap dengan adanya penghijauan dilingkungan masing-masing, dan untuk diperhatikan juga supaya pohon tersebut bisa menunjang ke jenjang aspek kehidupan, ujarnya.


Camat Banyuremi H. Jujun Juhana, S. Sos, M.Si menyampaikan kegiatan penanaman pohon ini, bersumber dari perhutanan yang didrop dari perhutanan wilayah V Jawa Barat, dan Alhamdulillah proses penanaman pohon berjalan sesuai rencana, ucapnya.


Menurutnya tujuan dari penanaman pohon diharapkan dapat mengembalikan kelestarian alam apakah itu menahan longsor, serta mengembalikan sumber-sumber mata air, di mana pada saat ini dari hasil peninjauan lapangan air sekarang itu sudah berkurang.


Selain itu, penanaman pohon juga menjadikan sebagai sumber oksigen yang lebih banyak sehingga dapat mengurangi polusi udara yang kotor, semoga dengan kegiatan ini mudah-mudahan bisa mengurangi angka penderita dari pada penyebaran virus Corona Covid-19, pungkasnya.



PLT Ka. Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah V Dishut Prov Jabar, Ir. Endang Suhendang M.M, menjelaskan penanaman dan pelihara pohon 50 juta pohon itu yang direncanakan itu berdasarkan surat edaran Gubernur Jawa Barat Nomor : 152/2.4.14/17 Bulan September tanggal 9 Februari 2020, surat Bupati Garut, surat keputusan Kepala Dinas Provinsi Jakarta dan surat pekerjaan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Provinsi Jawa Barat.


"Gerakan ini merupakan gerakan partisipasi masyarakat yang dipelopori oleh ASN, Supervisi Jawa Barat, termasuk ASN Kabupaten, dan ASN  Provinsi Jawa Barat"


Begitu pun pohon yang di Drop Dinas Perhutanan merupakan dari sumbangan semua ASN dari berbagai golongan yang ada di Jawa Barat dengan variasi pemberinya mulai dari 10 pohon hingga 100 pohon, hingga sampai saat ini pohon dari berbagai jenis sudah terkumpul 23 Juta pohon, dari yang ditargetkan 50 Juta pohon. Pungkasnya.


Turut hadir dalam acara tersebut Danramil 1110/Banyuresmi Kapten INF. Enjang Santana, didampingi  Empat Anggota Koramil, Dedi Suhandi, SP (Koordinator), Uun Gunawan, SH (Pengelola), Euis Lenawati, MP (Analis Hasil Hutan), Sulton Hasanuddin, MP (Analisis Konservasi),


Endang Suryadi (PPL Perhutanan), Dian Herdiana, Rahmat Mulyadi, MP,  Rasja, Saepudin Anwar, MP, Bhabinkantibmas Desa Karyasari Bripka Riki Mardiana, Babinsa Pelda Samadin, ketua Rw dan tokoh masyarakat Desa Karyasari.( BENI. Sudi Aji ).

Banner

Post A Comment: