Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma Asih Mintarsih, Sudi Aji, Lian Lubis, Ferry Rusdiono,Bima, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito Asih Mintarsih, Sudi Aji, Lian Lubis, Ferry Rusdiono,Bima


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Staff Redaksi : Muali.Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono


Pemasaran : Iip Anipah, Nex Pusman Fitri


Layout : Jegrog


Korwil : Nurzaman


Kaperwil Jateng : Reynaldo Ernowo Viosari SE

KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Muhadi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Barat : Jaeni ( Bang Jack )


Indramayu :Parto


Kuningan : Kodir Danu Wijaya


Majalengka : Dede Sukmara,


Banten : Asmari Abdulrrochim


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Tegal : Tuti Setiawati



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Agusra Efendi


Kab. Cirebon :Agus Irnawan


Subang :Arthur


Kuningan : Asep Suparman


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin, Ade Prayitno


Indramayu :


Jawa Tengah : Iwan Setiawan


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Bekasi :Heri Samita


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0812 1310 3031 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 


 







Warga Sukacita Desa Cisalam Jadi Sasaran TMMD ke-111


Koran  Cirebon  ( SERANG ),Berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang, pada tahun 2017 di Kabupaten Serang terdapat 12.725 rumah masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Tiga tahun kemudian atau pada tahun 2020, Pemda Kabupaten Serang sudah berhasil membangun 9.168 RTLH menjadi RLH sehingga jumlah RTLH berkurang tinggal 3.557 Rumah lagi.


Terkait hal tersebut Kodam III/Siliwangi bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melaksanakan program TNI Manunggal membangun Desa. Dari keempat wilayah yang menjadi sasaran TMMD ke-111 tahun 2021 di wilayah Kodam III/Siliwangi adalah di Kodim 0602/Kabupaten Serang Provinsi Banten.



Pada kesempatan tulisan TMMD kali ini, saya ingin memfokuskan pada program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang menjadi sasaran fisik tambahan program TMMD ke-111 di wilayah Kodim 0602/Serang. Hal ini dikarenakan jika dilihat dari sisi fisik ke-10 RTLH tersebut sangat memprihatinkan, sekaligus juga merupakan salah satu upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. 


Pada kegiatan TMMD ke-111 Kodim 0602/Serang yang dimulai pada tanggal 15 Juni 2021 lalu, terdapat 10 sasaran pokok fisik dikerjakan oleh Satgas TMMD yaitu Pembangunan Jalan Tembus yang menghubungkan Kampung Korod dengan Kampung Daragem Desa Cisalam Kecamatan Baros sepanjang 1000 M dan Lebar 4 Meter, Pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan Panjang 100 M dan tinggi 1,4 M di Kampung Daragem Desa Cisalam Kecamatan Baros, Pembuatan 2 unit gorong-gorong di Kampung Siowah Desa Cisalam Kec.Baros, Pembuatan Jalan Lingkungan di Kampung Sijengkol Desa Cisalam, Pembuatan 1 unit MCK Komunal di Kampung Sijengkol Desa Cisalam, Pembuatan Drainase di kampung Sijengkol Desa Cisalam, serta  Perbaikan Lapangan Bola di kampung Sibopong Cikapas Desa Cisalam.



Sementara itu salah satu kegiatan sasaran fisik tambahan adalah Rehab 10 Unit RTLH di kampung Sijengkol, Kampung Siowah dan Kampung Daragem Desa Cisalam Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Ke-10 RTLH yang di Rehab pada Program TMMD ke-111 di wilayah Kodim 0602/Serang tersebut adalah rumah milik Bapak Jahoni Kampung Siowah RT 09/03 Desa Cisalam, Rumah Bapak Cecep Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Kosir Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Suryanta Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Jasi Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Juned Kampung Daragem RT 10/03, Rumah Bapak Subki Kampung Sijengkol RT 04/02, Rumah Bapak Sihabudin Kampung Daragem RT 11/03, Rumah Bapak Marsim Kampung Daragem RT 11/03, serta Rumah Bapak Rohman di Kampung Daragem RT 11/03 Desa Cisalam.


Saat dikunjungi Rombongan Tim Pengawasan dan Evaluasi TNI Manunggal Membangun Desa (Wasev TMMD) dari Mabesad,  Kamis (24/06/2021), progress rumah Bapak Marsim di Kampung Daragem RT 11/03 sudah mencapai 80%.



“ Saya kerjanya buruh Tani Pak Komandan, jangankan untuk memperbaiki rumah, untuk keperluan sehari-hari saja kesulitan” ujar pria berusia 51 tahun dengan tanggungan keluarga 3 orang saat bincang-bincang.


Marsim bersyukur, rumahnya terpilih menjadi salah satu dari rumah yang mendapatkan program Rutilahu pada program TMMD ke-111 yang dipusat di desanya, yaitu Desa Cisalam kecamatan Baros. “ Disini masaih banyak rumah yang sama dengan rumahnya masuk katagori Rumah Tidak Layak Huni”, ungkapnya.


Menurutnya Program TMMD sangat membantu masyarakat di Desanya yang saat ini sedang berlangsung di desanya dan berharap desanya akan mendapatkan program serupa sehingga dengan pembangunan sarana dan prasara, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Hal serupa dibenarkan oleh Pasiter Kodim 0602/Serang Kapten Inf Tumiran. Menururtnya di Desa Cisalam ini, sebenarnya masih banyak rumah dengan katagori RTLH, namun karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada, maka dipilih berdasarkan skala prioritas. Di luar TMMD ini, pihaknya akan mengupayakan dengan memanfaatkan CSR yang selama ini terjalin dengan Kodim 0602/Serang seperti CSR BRI dan Baznas. 


Kepala Desa Cisalam, M. Amin, menuturkan pihaknya selama ini  sudah berusaha untuk berkoordinasi dengan dinas/instansi Pemerintah Kabupaten Serang agar mendapatkan bantuan baik untuk pembangunan prasarana jalan maupun Rehab RTLH yang ada di wilayahnya. Namun baru tahun ini warga menyambut dengan suka cita lantaran Desa Cisalam dijadikan sasaran program TMMD ke 111 tahun 2021 ini.


Selain di wilayah Kodim 0602/Serang, sasaran fisik rehab RTLH juga dilaksanakan di Kodim 0613/Ciamis yang dilaksanakan di Kota Banjar sebanyak 2 unit dan di Kodim 0608/Cianjur sebanyak 5 unit.

( Sudi Aji.Firda Asih )

Banner

Post A Comment: