BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma, Sudi Aji, Ferry Rusdiono, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi, Wagi Altasya


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Muhadi, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono, Showadi


Pemasaran : Iip Anipah


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng : Renaldo Ernowo SE


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung : Eko Hariyanto


Wartawan Investigasi : Asep Saefulloh


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Barat :


Indramayu :Parto


Kuningan : Supriyadi


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi : Dadang Setiawangi


Banten :


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara :


Tegal : Tuti Setiawati



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Agusra Efendi, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Indah Jusari, Suparman, Safitri,


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin


Indramayu : Aan Haryati


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Cimahi : Juju Juariah


Bekasi :


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0812 1310 3031 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Dea Gelar Seminar Dasar Kewirausahaan Digital di Grage Hotel Cirebon


Koran  Cirebon  ( Kota Cirebon ), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo melalui Digital Entrepreneurship Academy (DEA) menggelar Pelatihan untuk para pelaku UMKM yang bertemakan Dasar-dasar Kewirausahaan Digital,bertempat di Grage Hotel Cirebon (23-24/03/2022, pagi) dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) covid 19.

 Acara tersebut diikuti oleh 210 peserta melalui seleksi, salah satu ruang DEA 7 Kelas 1 diajar oleh 2 orang pengajar yaitu Arief Budiman dan Nizza Nadya Rachmani diisi 30 peserta.

Menurut salah satu peserta Asep Rukmana mengatakan bahwa disini diajarkan memanfaatkan gawai gadget dan tenaga pengajar yang profesional _"disini kita diajarkan memanfaatkan teknologi khususunya gadget gawai untuk berjualan di era digital. j

Juga dibimbing oleh tenaga pengajar profesional oleh Arief Budiman dan Nizza Nadya  Rachmani yang ramah, menurut kami pembelajarannya sangat mudah dipahami dan dimengerti". kata Asep.

Dia menjelaskan bahwa para pelaku UMKM penting memanfaatkan teknologi,karena lebih mudah menawarkan dagangannya."kami para pelaku UMKM perlu berbisnis secara online / daring lebih mudah karena jangkauan pembeli lebih luas bukan hanya dalam kota.Tanpa harus menawarkan produk keliling atau menunggu sampai pembeli datang", jelas pria pemilik galeri chocobond.

Asep juga memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang mempromosikan produk. _"Di momen ini saya dan rekan-rekan yang hadir mempromosikan dangannya", sambung pria pemilik akun chocobond.com_

Dia juga berharap bukan hanya dasar tapi kedepan lebih ditingkatkan dan perlu pengawasan khusus dari pemerintah untuk pemasarannya"saya berharap hanya pelatihan tingkat dasar dengan waktu yang singkat selama 2 hari kedepan,lebih ditingkatkan dan diberi waktu yang lebih panjang juga Pemerintah bukan hanya pelatihan tapi untuk pengawasan untuk membantu memasarkan produk UMKM", tegas pria asal Bandung berdomisili di Gunungjati Cirebon.

Ditempat yang sama salah satu pengajar Arief Budiman menerangkan tujuannya untuk mengembangkan dasar-dasar kewirausahaan digital untuk para UMKM,kemudian menciptakan trik dalam perkembangan di era digital."tujuannya untuk mengembangkan dasar-dasar kewirausahaan digital di UMKM khususnya Kota Cirebon dan Jawa Barat agar para pelaku UMKM beralih kearah digital kemudian ada trik diperubahan era industri revolution 4.0 society 5.0 .

Sehingga UMKM dapat mengenali keunggulan bersaingnya, keunggulan produk, keunggulan usahanya kemudian bisa unggul di Era sekarang yang menjadikan UMKM semakin kuat Go Digital", terang Arief.

Dia menambahkan program DEA senantiasa selalu ada disetiap tahun ditarget 600.000 peserta oleh Pemerintah. _"Program ini senantiasa akan ada terus sepanjang tahunnya karena ada target dari Pemerintah untuk tahun ini kurang lebih 600.000 peserta UMKM harus terlatih digital sehingga itu akan diperhatikan terus oleh Pemerintah", ujarnya.

_"DEA ini bukan hanya satu program tapi ada juga Program Keuangan Digital, Digital Marketing ada juga untuk ibu rumah tangga, guru-guru pesantrean dan kedepan akan ada program berbasis syari'ah, selain ilmu juga praktek untuk mengemban UMKM, ada sedikit perhatian dari Pemerintah", tambahnya._

Arief berharap DEA ada sepanjang tahun dan seluruh elemen masyarakat bisa bersaing di Era Digital. _"semoga DEA ini terus ada sepanjang tahun maka dengan program ini tidak hanya UMKM tapi elemen masyarakat lainnya seperti ibu rumah tangga juga warga pesantren melek digital,dan bisa bersaing di Era Digital ini", tegas Arief sambil menutup pembicaraan_

( Indah.Firda Asih )

Banner

Post A Comment: