BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma, Sudi Aji, Ferry Rusdiono, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Muhadi, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono


Pemasaran : Iip Anipah


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng : Renaldo Ernowo SE


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung : Eko Hariyanto


Wartawan Investigasi : Asep Saefulloh


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Barat :


Indramayu :Parto


Kuningan : Supriyadi


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi : Dadang Setiawangi


Banten :


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara :


Tegal : Tuti Setiawati



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Agusra Efendi, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Indah Jusari, Suparman, Safitri,


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin


Indramayu : Aan Haryati


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Cimahi : Juju Juariah


Bekasi :


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0812 1310 3031 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Pemdes Bagendit Seleksi Pengurus BUMDes Cipta Karya


Koran  Cirebon  ( Garut ), Panitia Seleksi Pengurus BUMDes Cipta Karya (KARYA MANDIRI) Desa Bagendit melaksanakan seleksi tes tertulis dan wawancara bertempat di Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Kamis, 17 Maret 2022

Menurut Kepala Desa Bagendit Endang Omardani, SE. Mengatakan dengan adanya tahapan seleksi yang tercantum dalam PP. 11 Tahun 2021 tentang Bumdes dimana dalam kaitannya acara ini guna merevitalisasi sektor strategis.


Dimana sektor yang sangat vital dan penting adalah BUMDes sebagi lokomotif penggerak ekonomi Desa Bagendit, maka perlu adanya Restukturisasi atau perubahan dan penataan kembali sesuai struktur organisasi kelembagaan.

Tentunya diharapkan dengan restrukturisasi tersebut, stuktur kelembagaan bisa lebih menjadi efektif dan efisien agar tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik, sesuai dengan Visi Kepala Desa,


serta dengan adanya habis masa perioderisasi kepengurusan yang lama selama 5 tahun.

"Dengan adanya seleksi ini bertujuan menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa Bagendit, Saya berharap semua peserta yang nantinya menjadi pengurus Bumdes bisa berkomitmen untuk mendongkrak akses sosial, dan akses ekonomi"

Selain itu biasa menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Sosial (SDS) atau sumber daya gotong royong, sehingga Desa Bagendit menuju Desa berwajah baru menjadi Desa maju atau Desa mandiri.

Beberapa potensi yang ada dan harus dikembangkan oleh BUMDes itu sendiri antara lain pengembangan para pelaku UMKM, home industri, ekonomi kreatif, ekonomi produktif, inovasi pertanian, perikanan, perkebunan, pengembangan inovasi parawisata dan pengembangan pasar desa dengan memanfaatkan teknologi serta perkembangan jaman dengan adanya digitalisasi desa dengan memanfaatkan potensi keunggulan Desa.

"Adapun mengenai adanya 6 kios yang telah menjadi aset Desa, untuk pengelolanya terpisah, bukan dikelola oleh BUMDes, tetapi untuk Bumdes Cipta Karya itu sendiri harus bisa menggali potensi yang belum ada di Desa Bagendit, bukan mendompleng dengan Kios yang sudah ada". Ujar Endang usai melaksanakan seleksi.

Ditempat yang sama sebagai tim penilai Pendamping Kecamaatan Banyuresmi Ridwan mengatakan kaitan dengan hasil seleksi hasil tes tertulis dan wawancara untuk kepengurus Bumdes, nantinya kami akan serahkan kepada Kepala Desa dan BPD Sebagai Panitia Seleksi

Menurutnya untuk menjadi Ketua Bumdes sebaiknya orang yang memiliki kemampuan menejerial yang baik, sehingga diharapkan BUMDes bisa maju, sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli Desa (PAdes).

Maka dengan PAdes yang tinggi sehingga nantinya kita bisa menjadi Desa Mandiri, pembangunan tetap kontinyu tanpa selalu menggantungkan bantuan terhadap pemerintah Pusat, karena tolak ukur keberhasilan Desa bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa itu sendiri"

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Seleksi Sumpena Abdullah, S. Pd.I hari ini ada sepuluh orang yang ikut seleksi Pengurus BUMDes Cipta Karya antara lain; Vina Avionita, Andri Sanjaya, Agus Taman, Elia Rahmi, Faqih Mujaki, Yeti Sutiawati, Agus Susianto Saputra, Cep Sidiq Sabik Al Muzaki, Arif Rustandi, Jajang Jamaludin.

Sebagai tim panitia penilai bertempat di Ruang musyawarah BPD; Hasim, S.Pd, Ahmad Ruhiyat, S.Ip, Sariputun Nisa, Sumpena Abdullah, S.Pd.I, Aripin Nurseha, Abdul Rozak, sedangkan tim Penilai Ruang Kepala Dusun ; Endang Omardani SE, Ridawn Sunandar, Zaenal Arifin, S.Pd, Adeng Suparyat, Jajang Saepudin, Kholid Assad, S.Pdi.

Kedepan dengan adanya BUMDes dan kios Desa diharapkan dapatkan meningkatkan PAdes, yang diatur nantinya dengan peraturan Desa, semantara BUMDes itu sendiri akan memaksimalkan agaran 20 % untuk ketahanan pangan yang dikelola oleh BUMDes Cipta Karya Desa Bagendit. Pungkasnya.( Beni )

Banner

Post A Comment: