Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma Asih Mintarsih, Sudi Aji, Lian Lubis, Ferry Rusdiono


Redaktur : Fery S


Editor : Iman Suparman, Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Staff Redaksi : Muali, Azis Kurniawan


Pemasaran : Iip Anipah, Nex Pusman Fitri


Layout : Jegrog


Korwil : Uud Nurul Huda

KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Nando


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur :


Cirebon Barat : Jaeni


Indramayu :Parto


Kuningan : Kodir Danu Wijaya


Majalengka : Dede Sukmara,


Banten : Asmari Abdulrrochim


Subang : Gusman


Garut :Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu :Desmi Herawati


Tegal :Fahrizal



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang,Febri, Agusra Efendi, Prayoga


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Jaeni/Bang Jack, Nurhendi,Tri Karsohadi


Subang :Arthur


Kuningan : Valeriana, Renaldo Ernowo


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin, Ade Prayitno, Haryanto


Indramayu :Muhamad Lutfi, Sugono


Jawa Tengah : Tuti Setiawati


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Dade


Bandung : Jamaludin


Bekasi :Novianto Kurniawan


Bengkulu : Keno Helwan

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 081321300641 - 085974029828

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Berkat BIOS 44 DC, Hasil Panen Petani Padi di Majalengka Naik 5 Persen


Koran Cirebon ( MAJALENGKA ),Demplot BIOS 44 DC yang diaplikasikan pada lahan pertanian milik Ketua Kelompok Tani Marga Mulya Desa Parakan, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sudah membuahkan hasil.


Demplot BIOS 44 DC yang diperkenalkan oleh Kodim 0617/Majalengka, melalui Koramil 1710/Leuwimunding, meningkatkan jumlah panen padi hingga 5 persen.




"Kami sangat bersyukur dikenalkan dengan BIOS 44 DC, padi kami lebih berisi, anakannya banyak," Ungkap Ketua Poktan Marga Mulya, Ahdi, disela-sela kegiatan panen padi ubinan, di Desa Parakan, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka, Senin (2/11/2020).


Ia menyebutkan, banyak perbedaan yang dirasakan dari hasil panen sebelum dan sesudah memakai BIOS 44 DC. Bahkan, kata dia, BIOS 44 DC tersebut, bisa menjadi solusi untuk kedepannya.



"Kedepannya, kami tidak akan menggunakan pupuk kimia lagi, karena, dengan contoh penggunaan BIOS 44 DC yang digunakan saat ini sudah membuktikan padi yang kami tanam membuahkan hasil dan mengalami peningkatan," Katanya.


Sedangkan, Supervisor Penyuluh Pertanian Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Pepen Apandi menyebutkan, bahwa sangat banyak perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan BIOS 44 DC yang diaplikasikan pada padi ini.



"Misalnya, berdasarkan catatan kami, bahwa panen padi secara ubinan yang dilaksanakan di lahan persawahan Desa Parakan, dengan menggunakan BIOS 44 DC ini, produksinya meningkat hingga 5 persen dari biasanya," Ucapnya.


Dia pun menjelaskan, setelah menggunakan Bios 44 DC ini, bisa menghasilkan produktivitas 79,2 kwintal per hektar atau mengalami meningkatan sekitar 25 kwintal per hektar.


"Mudah-mudahan karena sudah ada bukti, petani-petani sekitar ini, juga bisa beralih menggunakan BIOS 44 DC yang diciptakan oleh TNI dari Kodim 0617/Majalengka ini," Harapnya.


Sementara itu, Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1710/Leuwimunding, Kapten Inf Mastam mengaku senang dengan hasil yang didapat tersebut.


Ia mengtakan, penanaman benih padi dilahan percobaan ini dimulai dari 3 bulan lalu di areal sawah milik warga yang berada di wilayah desa binaanya tersebut.


"Kami melakukan percobaan dilahan sawah milik warga dengan pendampingan dari anggota kami, petani dengan semangat menananam padi menggunakan BIOS 44 DC ini dan hasilnya seperti yang kita lihat berhasil panen, bahkan lebih dari biasanya," ujarnya.


Danramil menjelaskan, cairan BIOS 44 DC ini bisa digunakan tak hanya untuk pertanian saja, melainkan juga bisa digunakan untuk perkebunan dan perikanan yang dilakukan sosialisasi bertahap kepada masyarakat.


"BIOS 44 DC, adalah gabungan simbiosis mutualisme dalam bentuk larutan yang sudah di formulasi yang terbukti efektif untuk menyuburkan tanah, sehingga lahan yang tadinya kurang produktif bisa berdaya kembali," Jelasnya.


menurutnya, hasil inovasi Kodim 0617/Majalengka ini, BIOS 44 DC ini merupakan ramah lingkungan, jika ditebar di pertanian atau perikanan maupun perkebunan akan menjadi lebih produktif, karena terjaga ekosistemnya.


Intinya sebut Danramil, bagaimana keberadaan TNI, khususnya Kodim 0617/Majalengka beserta jajaran dalam bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan, guna kesejahteraan bersama. 


"Terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat ini, tujuan kita bagaimana petani-petani ini sejahtera secara ekonomi," Jelasnya.

( Sudi Aji.Firda Asih )







Banner

Post A Comment: