BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SE.SH.MH., Asih Mintarsih / Firda


Penasihat : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Darma Kusuma


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Muhadi


Wakil Pemimpin RedaksI : Rukmana Hermada


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Darma Kusuma, Wastija, Ferry Rusdiono, Brigjen Pol (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi, Wagi Altasya, Ating


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Nurrudin


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Andri, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono, Showadi, Akrudi SH, Nurkaman SH, Betran Ernowo, Rizqin, Ahmad Yani, Khaerunisa


Pemasaran : Renaldo Ernowo SE


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng :


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung :


Ketua Investigasi : Suswantoro .


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Piem Apriyanto


Kabupaten Cirebon : Dasuki


Cirebon Timur :


Cirebon Utara : Supriyadi


Cirebon Barat : Diding .


Indramayu :


Kuningan :


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi :


Bali : Neti herawati SE


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara : Yusniaty / Okti


Tegal :



Brebes : Tuti Setiawati


WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga Tatang, Godrianto, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Suparman, Safitri, Moch Prayogi, Sulaeman


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : .


Indramayu :


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Fitri Herliani


Bandung : Jamaludin


Cimahi :


Bekasi : Siti Sarah


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0895 7087 71888 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

GOTONG ROYONG MERUBAH WAJAH DESA JAMBERAMA


Koran  Cirebon  ( KUNINGAN ),Jamberama merupakan salah satu desa yang berada di rangkaian pegunungan di wilayah Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Desa Jamberama letaknya sangat jauh dari keramaian yang terdiri dua dusun atau kampung, yakni Dusun Cilimus dan Dusun Surian. Dusun Surian salah satunya merupakan dusun terpencil yang letaknya ±4 Km dari ibu kota Desa Jamberama. 


Meski berada di tempat terpencil, Desa Jamberama termasuk desa padat penduduk. Dusun Surian terdiri dari 256 Kk / 803 jiwa, dan Dusun Cilimus terdiri dari 298 Kk / 916 jiwa. Rata rata aktifitas kehidupan masyarakatnya yaitu bertani dan berkebun. Hasil perkebunan yang sangat menonjol adalah kopi dan pertanian padi. Selama ini, warga terkendala dengan kondisi infrastruktur jalan desa yang rusak parah. Jalanan yang membelah bukit dipenuhi dengan batu, sehingga menghambat aktifitas warga. Banyak warga yang sering mengalami kecelakaan.



Hadirnya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun Anggaran 2021 di Desa Jamberama Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan ini, memberikan semangat kepada seluruh warga Desa Selajambe. Mereka sangat berterima kasih dengan dibangunnya jalan yang menghubungkan Dusun Surian ke ibu kota desa Jamberama, sehingga dalam urusan ke desa, membawa hasil pertanian atau hasil perkebunan sangat mudah dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.


Saat ini warga Dusun Surian maupun Dusun Cilimus sedang bersukacita, karena harapan atau mimpi mereka untuk memiliki jalan yang bagus sudah terealisasi berkat TMMD Ke - 111. Kegiatan itu dilaksakan secara bergotong-royong bahu membahu bersama masyarakat untuk bekerja hingga selesai. Akses jalan inilah yang mempermudah hubungan transportasi baik roda dua maupun roda empat. Meski dimasa pandemi Covid-19 semangat warga tidak surut tetap membangun dengan menjalankan protokol kesehatan.



Tidak hanya orang tua yang mengapresiasi hasil TMMD ke-111 ini, tapi anak-anak menyambut gembira penuh semangat, karena aktivitas sekolah jadi lancar. Sejumlah warga yang sudah memiliki kendaraan roda dua, diantaranya berencana ingin membeli kendaraan roda empat. Itulah sejumlah ungkapan warga dengan adanya TMMD Ke - 111 yang memberikan semangat baru bagi kehidupan warga  khususnya di Dusun Surian umumnya  Desa Jamberama.


Jalan sepanjang ±4 Km dengan lebar 2,75 M dikerjakan dengan gotong royong bersama TNI dan masyarakat, dilaksanakan dengan lancar tidak ada kendala. Selain jalan, TMMD Ke - 111  juga membangun jembatan 20 X 1,2 m dengan permanen, pembuatan IPAL untuk 41 Kk , TPT, pipanisasi, pembangunan pos kamling, rehab ruang kelas TK, PJU, dan tugu. Semuanya dikerjakan secara bergotongbroyong antara TNI dan masyarakat Desa Jamberama.



Selain pembangunan fisik dilaksanakan juga kegiatan non fisik  berupa Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Radikalisme, Pertanian, Kamtibmas, Kesehatan, dan pencegahan Narkoba. Semua kegiatan merupakan kolaborasi TNI dengan Pemda Kab Kuningan, khususnya dinas yang terkait, demi menambah wawasan dan pengalaman bagi masyarakat Desa Jamberama. Kegiatan sosialisasi juga disambut antusias warga dalam mengikuti setiap kegiatan. Disamping kegiatan sosialisasi, pihak Pemda Kuningan juga menyediakan pelayanan bagi masyarakat, diantaranya pelayanan kependudukan berupa pembuatan KTP dan Kartu Keluarga, serta pelayanan pembayaran pajak kendaraan oleh SAMSAT.


Dalam kunjunganya ke lokasi TMMD Ke - 111, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K,S.AP didampingi Dandim 0615/Kuningan Letnan Kolonel Czi David Nainggolan, ST, Kadis PU Kab Kuningan, Kapenrem 063/SGJ  Mayor Inf US Karlan,SH, Camat Selajambe, Danramil, Kapolsek, Kades Jamberama, Babinsa dan Babinkamtibmas meninjau semua titik sasaran yang dikerjakan oleh satgas TMMD Ke - 111. Danrem 063/SGJ  beserta rombongan disambut baik oleh masyarakat Jamberama dengan penuh sukacita. Berbaurnya TNI dengan masyarakat merupakan satu hal yang sangat menarik, semangat gotong royong warga laki-laki maupun perempuan bahu membahu untuk bekerja demi terlaksananya keinginan masyarakat .



Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.AP juga menghimbau kepada masyarakat agar merawat hasil pembangunan yang dikerjakan selama TMMD Ke - 111. Karena tanpa kepedulian dari masyarakat, hasil pembangunan akan cepat rusak. Oleh karena itu, masyarakatlah yang harus memeliharanya agar dapat terus dirasakan manfaatnya dalam waktu yang lama.



Walaupun dimasa pandemi covid 19, masyarakat sangat guyub mentaati protokol kesehatan seperti yang diharapkan. Pelaksanaan TMMD ke-111 di Desa Jamberama Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan selesai sesuai waktu yang ditentukan. Seluruh Satgas dan masyarakat pun sehat wal afiat, bahagia menyaksikan hasil pembangunan yang sesuai rencana.( Sudi Aji.Bang Jek )

Banner

Post A Comment: