BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SE.SH.MH., Asih Mintarsih / Firda


Penasihat : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Darma Kusuma


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Muhadi


Wakil Pemimpin RedaksI : Rukmana Hermada


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Darma Kusuma, Wastija, Ferry Rusdiono, Brigjen Pol (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi, Wagi Altasya, Ating


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Nurrudin


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Andri, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono, Showadi, Akrudi SH, Nurkaman SH, Betran Ernowo, Rizqin, Ahmad Yani, Khaerunisa


Pemasaran : Renaldo Ernowo SE


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng :


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung :


Ketua Investigasi : Suswantoro .


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Piem Apriyanto


Kabupaten Cirebon : Dasuki


Cirebon Timur :


Cirebon Utara : Supriyadi


Cirebon Barat : Diding .


Indramayu :


Kuningan :


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi :


Bali : Neti herawati SE


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara : Yusniaty / Okti


Tegal :



Brebes : Tuti Setiawati


WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga Tatang, Godrianto, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Suparman, Safitri, Moch Prayogi, Sulaeman


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : .


Indramayu :


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Fitri Herliani


Bandung : Jamaludin


Cimahi :


Bekasi : Siti Sarah


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0895 7087 71888 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Ribuan Santri Ponpes Babakan Ciwaringin Ikuti Vaksinasi Massal Polda Jabar


Koran  Cirebon  ( POLRESTA CIREBON ), Ribuan santri Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal yang digelar Polda Jawa Barat, Selasa (24/8/2021). Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.


Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si, didampingi Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi yang digelar di tujuh titik tersebut.



Dofiri mengungkapkan, antusiasme santriwan dan santriwati terlihat dari banyaknya yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi massal. Bahkan, melebihi target awal 3000 orang yang ditetapkan.


"Namun, jumlah yang mendaftar mencapai 4000 santri dan masyarakat dari Desa Babakan. Sasaran vaksinasi adalah para santri dan warga sekitar pondok pesantren," kata Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si.



Ia mengakui vaksinasi digelar di beberapa titik agar para santri dan masyarakat yang mengikutinya bisa tetap menjaga jarak saat mengantre. Pasalnya, kegiatan itu mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Menurutnya, pondok pesantren mempunyai peran strategis dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Jika para santri dan kiai divaksin maka masyarakat pun dipastikan bersedia mengikuti vaksinasi.



Bahkan, hal itu terbukti dari antusiasnya masyarakat sekitar Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin mengikuti vaksinasi kali ini. Ia berharap, vaksinasi tersebut dapat mempercepat pembentukan herd immunity masyarakat, khususnya di Jawa Barat.


"Jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 50 juta jiwa, untuk membentuk herd immunity minimalnya 70 persen warga atau 37 juta jiwa divaksin. Saat ini, capaian vaksinasi di Jawa Barat baru 12 juta jiwa," ujar Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si.



Namun, Dofiri berpesan kepada seluruh santri Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin yang telah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan jaminan membuat kebal dari Covid-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinkan terpapar.


Karenanya, ia mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi. Misalnya, memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.



Ia menegaskan saat ini kasus Covid-19 di Jawa Barat mulai melandai sehingga menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk menggencarkan serangan melawan virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi.


"Cara lain untuk mengendalikan Covid-19 adalah tracing, testing, dan treatment (3T). Setiap ada kasus baru kita lacak kontak eratnya untuk dites, kemudian pasien yang terpapar dirawat sehingga virusnya tidak menyebar," kata Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si.


Selain itu, Dofiri juga memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 terutama yang dialokasikan untuk jajaran Polri. Terlebih di Jawa Barat sendiri ditargetkan vaksinasi diberikan kepada 400 ribu jiwa mulai bulan September 2021.


Pihaknya pun berkoordinasi dengan pemerintah dan TNI untuk merealisasikan target tersebut. Bahkan, Polda Jabar telah bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Jawa Barat untuk mengadakan vaksinasi di 104 titik dari mulai ormas islam, pondok pesantren, dan lainnya.


Vaksinasi bagi santri juga telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu di Bogor, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan dan kali ini Kabupaten Cirebon. Rencananya, kegiatan serupa bakal digelar di Kabupaten Indramayu mulai besok.


"Selain upaya lahiriyah, diperlukan juga upaya bathiniyah. Pengasuh Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin telah menyusun doa agar terhindar dari Covid-19 sehingga kami mengajak untuk mengamalkannya bersama, mudah-mudahan segera diijabah oleh Allah SWT," ujar Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si.


Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, KH. Zamzami Amin, menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polda Jawa Barat yang telah memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi para santri. Bahkan, pihaknya mengapresiasi Polda Jabar yang bersedia menambah sasaran vaksinasi karena tingginya antusias santri dan masyarakat sekitar.


"Semoga vaksinasi di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin ini menjadi awal yang baik dalam menyukseskan program vaksinasi bagi santri. Kami juga berharap vaksinasi kali ini membuat pandemi Covid-19 dapat berakhir secepatnya," kata KH. Zamzami Amin.( Sudi Aji.Firda Asih )

Banner

Post A Comment: