Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma Asih Mintarsih, Sudi Aji, Ferry Rusdiono, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito Asih Mintarsih, Ferry Rusdiono,Bima


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali.Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono


Pemasaran : Iip Anipah, Kadi


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng : Renaldo Ernowo SE


Kaperwil Jateng : Nurzaman


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Muhadi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Barat : Jaeni ( Bang Jack )


Indramayu :Parto


Kuningan : Kodir Danu Wijaya


Majalengka : Dede Sukmara,


Banten :


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Tegal : Tuti Setiawati



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Agusra Efendi, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Suparman, Safitri


Subang :Arthur


Kuningan : Asep Suparman


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin, Ade Prayitno


Indramayu :


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah : Iwan Santoso


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Bekasi :Heri Samita


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0812 1310 3031 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 


 







Kwartir Ranting Bungbulang Bekerjasama Dengan Perhutani Garut, Sediakan Sarana Edukasi Sosial dan Budidaya Lebah


Koran  Cirebon  ( Garut ), 16/09/2021 Ketua Kwarcab Garut yang juga selaku Wakil Bupati Garut, Kak Helmi Budiman menghadiri acara Pelantikan dan Pengukuhan  Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), pengukuhan Kwartir Ranting (Kwarran), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Dewan Kerja Ranting (DKR).


Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Bungbulang Masa Bakti 2021-2024 yang dilaksanakan di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Provinsi Jawa Barat. Rabu, 15/9/2021



Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antara Perhutani Garut bersama Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut terkait Buper (Bumi Perkemahan).


Kak Helmi Budiman mengatakan, Pramuka mengajarkan banyak hal salah satunya adalah nilai kebaikan, nilai etika moral, serta nilai dalam kehidupan sehari-hari di alam terbuka. Ungkapnya



Ia menuturkan, hutan bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pembinaan terhadap pramuka. “Hutan ini kan di Garut, milik Perhutani, makanya kita bikin MoU dengan Perhutani karena kita ingin memanfaatkan lahan-lahan perhutani untuk buper, sebagai  pendidikan," ucap Helmi.


Ia berharap, kerjasama ini bisa dilakukan ke tempat-tempat yang lain, sehingga seluruh wilayah itu memiliki buper, "Kerjasama ini meliputi tiga kecamatan, antara lain Kecamatan Bungbulang,  Kecamatan Pakenjeng dan Kecamatan Pamulihan,” ucap Kak Helmi.



Menurutnya, saat ini hanya Kwarran Bungbulang yang mempunyai buper, selain digunakan sebagai sarana pendidikan, kata Helmi, hutan juga bisa digunakan untuk berwirausaha. Ujarnya


“Pertama ini tempat ini digunakan untuk pendidikan, yang kedua juga karena di Pramuka juga ada pendidikan wirausaha, nah wirausaha yang cocok dikembangkan di wilayah perhutanan ini salah satunya adalah Ternak Lebah,” lanjutnya.


Helmi berharap, selain Buper Bugbulang, wilayah lain bisa memiliki Buper yang bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan Pramuka, termasuk di wilayah perkotaan. 


“Ya ini kan kita satukan beberapa kecamatan, ini kan di kota, Tarogongkan kota ya, itu sebenarnya ada jadi kita tuh hampir di perkotaan pun ada wilayah-wilayah perhutanan. 


Garut Kota pun kita ada ya, di daerah Karacak Valley ya itu kan kita cari di tempat-tempat yang memang bisa dijadikan sebagai Buper,” ujarnya.


Administratur Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Garut, Nugraha menyebutkan, pihaknya akan bekerjasama bersama Kwarcab Gerakan Pramuka Garut khususnya Kwarran Gerakan Pramuka Bungbulang untuk menyediakan tempat sebagai sarana edukasi sosial bagi Gerakan Pramuka.


 “Memang di kehutanan ini ada skema-skema yang bisa dilakukan untuk kerjasama termasuk dengan Pramuka, sebetulnya kerjasama, bisa kerjasama bisnis, bisa juga kalau untuk dengan kwartir tentunya itu bukan bisnis tapi edukasi sosial dan itu sangat memungkinkan dan kita akan memproses dengan MoU yang sudah dilakukan ini, nanti kita akan memproses proses kerjasama dengan kwartir,” ujarnya.


Senada dengan apa yang diucapkan oleh Kak Helmi Budiman, Nugraha menyebutkan, selain digunakan untuk berwirausaha ternak lebah, atau budidaya lebah, juga bisa digunakan sebagai sarana pendidikan.


“Karena ini tujuannya untuk tempat edukasi pendidikan karakter akhlak, pendidikan kebangsaan, itu yang akan kita arahkan. Adapun masalah tadi di lokasi ini bisa dibikin sebagai tempat budidaya Lebah Madu, itu juga tujuannya pendidikan,” Pungkasnya.( Beni, Sudi Aji, Firda )

Banner

Post A Comment: