BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma, Sudi Aji, Ferry Rusdiono, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Muhadi, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono


Pemasaran : Iip Anipah


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng : Renaldo Ernowo SE


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung : Eko Hariyanto


Wartawan Investigasi : Asep Saefulloh


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Barat :


Indramayu :Parto


Kuningan : Supriyadi


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi : Dadang Setiawangi


Banten :


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara :


Tegal : Tuti Setiawati



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Agusra Efendi, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Indah Jusari, Suparman, Safitri,


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin


Indramayu : Aan Haryati


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Cimahi : Juju Juariah


Bekasi :


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0812 1310 3031 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Apel Gabungan Tingkat Kecamatan Banyuresmi, Upaya Meningkatkan Cinta Tanah Air dan Jiwa Korsa


Koran  Cirebon  ( Garut ), 24/01/2022 Apel gabungan tingkat Kecamatan, dilaksanakan bertempat di lapangan Kantor Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat berlangsung Hidmat. Senin, 24/01/2022

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Kecaman Banyuresmi, Anggota TNI-Polri, seluruh ASN, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah SMP, SMA ,SMK, Kepala UPT se- Kecamatan Banyuresmi, dan para pendamping PKH kecaman Banyuresmi.

Untuk diketahui dan menjadi replikasi bersama sambutan dan arahan Bupati Garut pada apel gabungan tingkat kecamatan Banyuresmi yang diwakili oleh Kristanti Wahyuni, SH, MH, (Kepala Bagian Pengadaan Barang dan jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Garut sebagai berikut;

Dalam sambutannya ia menyampaikan arahan Bupati Garut, "Apel gabungan ini merupakan salah satu bentuk komitmen maupun kesungguhan kita selaku Abdi Negara dan Abdi masyarakat"

Sesuai dengan surat edaran menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor B/392/M.KT. 02/2021 tanggal 30 Desember 2021 tentang himbauan apel pagi di lingkungan instansi pemerintah.

Maka Pemerintah Kabupaten Garut telah dan akan berkomitmen untuk melaksanakan himbauan tersebut sebagai bagian dari upaya kita bersama dalam meningkatkan rasa kebangsaan, cinta tanah air, dan juga bentuk pengabdian kita terhadap Negara serta untuk menumbuhkan disiplin ASN.

Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh ASN yang bertugas di wilayah kecamatan Banyuresmi atas kesadarannya untuk dapat hadir bersama-sama melaksanakan apel gabungan tingkat kecamatan sebagai salah satu wujud nyata kedisiplinan yang akan menjadi modal utama bagi kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat 

Sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin pegawai negeri sipil (PNS) kesanggupan untuk mentaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Oleh karena itu momentum apel pagi gabungan tingkat kecamatan ini hendaknya kita jadikan sebagai bagian dari pembinaan disiplin yang diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan etos kerja dan mutu pelayanan kepada masyarakat

Selain itu pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama hampir lebih dari 2 tahun ini banyak memberikan pelajaran bahwa kita harus bisa berubah dan beradaptasi secara cepat.

Alhamdulillah sejak tahun 2014 sampai dengan tahun 2021 sebanyak 20 Kantor Kecamatan telah selesai dibangun termasuk kantor Kecamatan Banyuresmi diantaranya selanjutnya pada Tahun 2022 akan dibangun 6 Kantor Kecamatan yang berlokasi di Kecamatan Malangbong, Leuwigoong, Cisurupan, Cikajang Cisompet dan Cikelet sehingga sampai akhir 2022 nanti diharapkan sudah terbangun 26 Kantor Kecamatan.

Adapun sisanya sebanyak 16 Kantor Kecamatan Insyaallah akan diselesaikan sampai dengan Tahun Anggaran 2024 yang merupakan akhir perjalanan dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Garut tahun 2019-2024.

Perlu saya sampaikan bahwa pada saat ini Pemerintah Kabupaten Garut tengah menyusun rencana kerja pemerintah daerah RKPD Tahun 2023, sesuai amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD

Salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Garut tahun 2023 ini adalah melalui proses musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan yang akan dimulai hari ini tanggal 24 Januari sampai dengan tanggal 9 Februari 2022.

Musrembang di tingkat kecamatan merupakan forum antar pelaku pembangunan di tingkat Kecamatan untuk membahas hasil penyusunan daftar usulan dari Desa atau kelurahan di lingkungan Kecamatan, sekaligus sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Garut tahun 2023 yang diselaraskan pula dengan sumber-sumber perencanaan lainnya yang dilakukan baik melalui pendekatan politik teknokratik maupun partisipatif.

Melalui pelaksanaan musrembang diharapkan terbentuk media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan di tingkat Kecamatan, untuk menetapkan program dan kegiatan Kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan di tingkat Kabupaten.

Serta membangun komitmen bersama dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas transparan dan akuntabel, tentunya perencanaan pembangunan yang berkualitas transparan dan akuntabel itu akan menjadi parameter bagi akuntabilitas profesionalisme dan mutu pelayanan publik dewasa ini.

Tentu kita sadari sepenuhnya bahwa keberhasilan pembangunan Kabupaten Garut seluruh pemangku kepentingan pembangunan Kabupaten Garut melalui dari tingkat Rt, Rw, Desa, Kelurahan, Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten.

Oleh karena itu mari kita bersatu padu bekerja bersama secara sinergis untuk dapat menciptakan kemajuan dan kesejahteraan di Kabupaten Garut sesuai dengan visi terwujudnya Garut yang bertaqwa maju dan sejahtera

Saya sangat berharap melalui kegiatan apel gabungan tingkat kecamatan ini dapat menumbuhkan jiwa korsa di antara para ASN dan membangun persepsi yang sama dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Terakhiri Saya ingin mengingatkan dan menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh jajaran ASN; Pertama hingga saat ini kita tetap harus menjaga kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Covid-19, ingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Apalagi saat ini berkembang varian omicron yang juga telah masuk ke wilayah Indonesia untuk itu melakukan berbagai langkah dan upaya dalam melaksanakan protokol kesehatan tingkatkan upaya upaya mempercepat cakupan vaksinasi, maka level 1 agar kita jaga bersama.

Kedua lakukan langkah-langkah perbaikan dalam tata kelola pelayanan publik di tingkat desa kelurahan dan kecamatan bantu masyarakat untuk secara mudah dan cepat dalam mendapatkan layanan publik yang dibutuhkan cegah terjadinya pers atau kejahatan dalam jabatan seperti melakukan pungutan liar tindakan gratifikasi dan korupsi yang akan merusak tata nilai birokrasi dan pemerintahan.

Ketiga kembangkan kegiatan dalam rangka penguatan nilai-nilai ideologi Pancasila khususnya bagi para generasi muda yang saat ini tantangan serius di tengah perkembangan digital sehingga mereka tidak menjadi korban dari sisi negatif perkembangan teknologi

Kepada seluruh ASN dan jajaran Pemerintah desa untuk mematuhi selalu ketentuan perundang-undangan yang berlaku termasuk kepatuhan dalam penyampaian LHKPN dan LHKASN pada bulan Januari ini. Saat ini saya pun berharap agar kita lebih memahami tugas maupun fungsi dan bekerja dengan baik dalam memenuhi target kinerja yang telah ditetapkan bagi para PNS menjaga nilai-nilai sasaran kinerja pegawai SKP dan perilaku kerja.

Sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah nomor 30 tahun 2019 tentang penilaian kinerja pegawai negara sipil dan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 8 tahun 2021 tentang sistem manajemen pegawai negeri sipil yang mengatur ambang batas nilai SKP.

Tidak boleh kurang dari 90, sebab jika nilai SKP itu kurang dari 90 maka PNS akan mendapatkan evaluasi dari jabatan administrasi nya maupun dari jabatan fungsionalnya serta diwajibkan mengikuti uji kompetensi kembali terakhir

kelima, sebentar lagi pada tanggal 16 Februari 2002 kita akan memperingati hari jadi Garut ke 209 tema hari jadi kalau ke 209 itu adalah "(Garut Waluya Manjing Digjaya)"

Saya berharap seluruh ASN dapat menggelorakan semangat hari jadi Garut ini di seluruh tingkat wilayah tugas dan lingkungan tempat tinggal semarakkan semangatnya bersama-sama seluruh elemen masyarakat.

Sejak saat ini pasang seluruh dan lambang dari semangat hari jadi Garut baik spanduk, banner maupun bentuk semangat lainnya dalam rangkaian kegiatan hari jadi Garut tahun ini. Tutupnya.( Beni )


Banner

Post A Comment: