BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma, Sudi Aji, Ferry Rusdiono, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Muhadi, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono


Pemasaran : Iip Anipah


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng : Renaldo Ernowo SE


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung : Eko Hariyanto


Wartawan Investigasi : Asep Saefulloh


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Barat :


Indramayu :Parto


Kuningan : Supriyadi


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi : Dadang Setiawangi


Banten :


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara :


Tegal : Tuti Setiawati



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Agusra Efendi, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Indah Jusari, Suparman, Safitri,


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin


Indramayu : Aan Haryati


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Cimahi : Juju Juariah


Bekasi :


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0812 1310 3031 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Debat Kusir, Makin Hangat Perbincangan Limbah PT. Garuda Bumi Perkasa di Kabupaten Mesuji


Koran  Cirebon  ( Lampung  ), Keluan Masalah limbah PT. Garuda Bumi Perkasa Digelar resmi dalam diskusi forum Persatuan Organisasi & LSM, terdiri dari Pospera, GRIB, PEKAT IB, PWOIN, AWPI, LSM PEMATANK, PPMI, PPPM, L-BAPAN, KNPI di Kabupaten Mesuji Kecamatan Simpang Pematang Desa Mulya Agung ( 26/04/22)

Adapun Kegiatan  tersebut panitia pelaksana nya seluruh Ketua organisasi yang melibatkan diri dalam kegiatan tersebut serta memegang peran kepanitiaan masing-masing sehingga terlaksananya kegiatan tersebut.


Yang hadir memenuhi undangan Polres Mesuji diwakili oleh Kasatreskrim Fajrian, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sekretaris dan Kabid Bambang, Camat Simpang Pematang Roly, Kepala Desa Mulya Agung Sony Imawan, Dinas Kesehatan diwakili Mulyadi, terundang dari Lembaga vertikal Ali Asir KPU, Apri Bawaslu serta seluruh masyarakat yang terkena dampak limbah serta media dan segenap organisasi yang memfasilitasi.

Dengan Tema forum diskusi kebijakan dalam Implementasi Limbah PT Garuda Bumi Perkasa.

"Bambang Kabid DLH mengatakan sangat disayangkan digelarnya acara ini pihak perusahaan dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tidak hadir, seharusnya mereka hadir ucap Bambang dengan tegas, 

iya mengatakan mengenai Limbah pabrik PT Garuda itu buka wewenang kami, ini kewajiban mutlak DLH Provinsi dan disampaikan ke Gubernur Lampung Arinal Junaidi, dan kami menunggu hasil lab DLH Provinsi jadi harap bersabar ucapnya.

"Fajrian mewakili Polres Mesuji menuturkan kami dari pihak kepolisian belum bisa terlalu jauh menyikapi masalah limbah PT Garuda, bicara limbah bukan Hanya melihat fakta di lapangan walaupun airnya hitam serta pabrik mengeluarkan asap Belum tentu itu berbahaya tuturnya 

Lanjut sedangkan perusahaan berdiri buka hanya serta merta tapi melalui prosedur katanya hari hati kalau yang disampaikan tidak benar bisa berbalik sedangkan kami dari kepolisian menekan pada keamanan Kamtibmas nya pungkas pajrian Kasatreskrim Polres Mesuji.

"Mulyadi mewakili Dinas Kesehatan menyampaikan selama ini, belum ada masyarakat Kabupaten Mesuji masuk dalam data kami yang sakit dikarenakan limbah pabrik jadi mengenai hal ini kami dari dinas kesehatan belum bisa memberikan pernyataan yang akurat sakitnya warga karena limbah.

Diteruskan Kepada Desa  juga mengatakan selama ini, Keluan Masyarakat Mulia Agung belum ada etikat baik dari perusahaan, jangankan CSR, bertahun tahun wargaku menderita karena limbah PT Garuda, detik ini belum ada solusi yang tepat walaupun kesibukan DLH tinjau lokasi belum membuahkan hasil untuk masyarakat desa Mulya Agung kata Sony

Sumber lain tiga warga menyampaikan berbagai keluhan yang mereka rasakan seperti bercocok tanam tidak tumbuh, terkena sesak nafas, air sungai tidak bisa digunakan lagi, sedangkan dulu waktu ingin mendirikan pabrik limbah PT Garuda tidak akan dialirkan ke sungai.

Sedangkan janji perusahaan akan membuat khusus dialirkan kedalam tanah katanya, kalau perlakuan perusahaan seperti ini dengan kami lebih baik tidak dikasih izin, bukan adanya pabrik menguntungkan tetapi sebaliknya merugikan kami tutup nya.

Pantun bersaut perdebatan terjadi antara pemerintah dengan masyarakat korban limbah akhirnya 'camat Roly Roly cut perdebatan dia mengatakan sebaiknya buat tertulis semua Keluan Masyarakat Jangan ada yang terlewatkan lalu sampaikan kepada pihak pihak terkait atas apa yang dipermasalahkan selama ini ucapnya

Seiring ketua Panitia Doni Farizah S.H menyampaikan acara ini kami gelar'untuk mencari solusi yang bijaksana, bantu masyarakat yang lagi terdampak limbah PT Garuda Bumi Perkasa, seluruh stakeholder terkait kami undang seperti Bupati, DPRD, Koramil, Perusahaan.

Ia juga menambahkan tergelarnya acara ini, bukti kepedulian kami terhadap Kabupaten Mesuji serta keseluruhan Masyarakat, agar mereka mendapatkan perhatian khusus dan layak sesuai dengan perjanjian serta regulasi dan output nyapun harus jelas kedepannya bukan ini kami gelar hanya untuk menunggu menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa, tapi ini Ade season selanjutnya tutup doni.( Eko.Aji )

Banner

Post A Comment: