BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SH.MH., Asih Mintarsih / Firda, Sudiaji


Penasihat : Agus Manurung, SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Firda


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Sudiaji


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma, Sudi Aji, Ferry Rusdiono, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi, Wagi Altasya


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Betran Ernowo


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Muhadi, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono, Showadi


Pemasaran : Iip Anipah


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng : Renaldo Ernowo SE


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung : Eko Hariyanto


Wartawan Investigasi : Asep Saefulloh


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Barat :


Indramayu :Parto


Kuningan : Supriyadi


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi : Dadang Setiawangi


Banten :


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara :


Tegal : Tuti Setiawati



WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Agusra Efendi, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Indah Jusari, Suparman, Safitri,


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin


Indramayu : Aan Haryati


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi


Bandung : Jamaludin


Cimahi : Juju Juariah


Bekasi :


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0812 1310 3031 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Bupati Garut Buka Resmi Babancong Weekend Market Langkah Setrageis Pemulihan Ekonomi

 


Koran Cirebon.Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan, membuka secara resmi pelaksanaan Babancong Weekend Market di area Babancong Alun-alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu 19 Juni 2022.

"Bangunan babancong merupakan bangunan panggung, berdenah segi delapan, beratap tajug, dengan delapan pilar berbentuk silinder yang menyangga bagian atap. Di bagian bawah terdapat relung-relung berbentuk lengkung sebanyak delapan buah. Terdapat dua sisi tangga untuk menaiki bangunan, yang saat ini diberi tambahan pintu dari besi. Pipi tangga babancong bermotif lengkung terawangan seperti sisik ular, penutup lantai anak tangga dari keramik, yang tampaknya merupakan penambahan baru"

Dalam sambutannya, Bupati Garut mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah agenda penting, terlebih pihaknya telah diinstruksikan oleh Menteri dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, untuk mulai melakukan langkah-langkah pemulihan ekonomi.

“Dalam rangka itu maka Saya, Kang Kiki (owner Chocodot) nanti kami persilahkan babancong dilaksanakan sampai Agustus sampai ke area Pendopo, karena Pendopo ini harus selesai sampai tanggal 10 Agustus 2022"

"Pada tanggal 10 Agustus 2022 ini akan ada penyerahan dari pemborong kepada Pemda Garut dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 77",  Ujar Bupati Garut.

Ia mengungkapkan Pendopo yang saat ini sedang dilakukan renovasi, nantinya boleh digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka promosi produk khas dari Kabupaten Garut. Meski begitu, ia berpesan agar dalam pelaksanaannya tidak ribut siapa pelaku usaha yang akan mengisi dalam kegiatan promosi tersebut.

“Jadi ini saya serahkan ke Dinas supaya tidak ribut, Saya akan serahkan ke Dinas Perdagangan (DUG soerindag ESDM), nanti dibackup oleh dinas DKP, dibackup juga oleh Dinas Koperasi dan UKM, selain itu Pak lurah juga harus ikut disini sebagai pemerintah wilayah, yang penting tertib dan jaga kebersihan, kita memerlukan waktu yang cukup untuk bisa melakukan langkah pemulihan ekonomi,” Ungkapnya.

Rudy juga mengingatkan jika nanti area Pendopo sudah bisa digunakan, pihak pengelola harus memikirkan lokasi untuk parkir pengunjung. Namun yang terpenting, lanjut Rudy, denyut nadi dari promosi Industri Kecil Menengah (IKM) ini jangan sampai terhenti.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindutrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Garut, Nia Gania Karyana, menuturkan bahwa Babancong Weekend Market ini merupakan salah satu upaya peningkatan kapasitas dan promosi dari IKM yang ada di Kabupaten Garut. Selain itu, kegiatan perdana ini dijadikan ajang edukasi, semisal dalam hal digitalisasi pembayarannya.

“Ini juga ajang mengedukasi digitalisasi pembayaran, makanya kita hadirkan Kang Indra (Kacab Bank BJB Garut), kemudian juga ajang pelestarian budaya akan kita tampilkan,” Tuturnya 

Ditempat yang sama, Ketua Asosiasi Indutri Kecil Menengah Agro (AIKMA) Jawa Barat, sekaligus owner dari Chocodot, Kiki Gumelar, dalam sambutannya berharap dengan adanya Babancong Weekend Market ini bisa membawa gairah dan semangat bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Garut. Ia juga menambahkan kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi awal mula terbentuknya AIKMA di Kabupaten Garut.

“Saya sangat selalu menantikan momen-momen ini di mana kita bersama bisa sama-sama berusaha secara maksimal mempromosikan produk-produk dari Kabupaten Garut,” ucapnya.

Berkaitan dengan pernyataan Bupati Garut yang memperbolehkan Babancong Weekend Market ini digelar sampai bulan Agustus, Kiki mengatakan bahwa pihaknya bersama Dinas terkait akan memaksimalkan perhelatan pameran IKM ini.

“Harapannya dengan perpanjangan ini kita akan menampilkan produk-produk yang lebih unik, kegiatan acara yang lebih positif, bisa mengibur dari warga Kabupaten Garut dan juga satu hal intinya dengan adanya Babancong Weekend Market ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi warga dari luar Garut untuk datang ke Kabupaten Garut,” harapnya.

Sementara, Pimpinan Cabang (Pincab) Bank BJB Garut, Mochammad Indra, sebagai salah satu pihak yang mendukung Babancong Weekend Market ini, memaparkan bahwa alasan pihaknya ikut andil dalam kegiatan ini karena Bank BJB berkomitmen untuk selalu membantu, mensupport, dan membina para pelaku UMKM.  

“Tentunya Bank BJB berkomitmen membangun, membina, dan membesarkan para pelaku UMKM ini menjadi lebih besar, menjadi lebih baik lagi kedepannya,” paparnya.

Salah satu pengelola stand di Babancong Weekend Market, juga Guru SLBN B Garut, Veronika Siti Haryati, menuturkan bahwa pihaknya dalam event ini menjual kuliner khas Garut yakni Burayot, di mana makanan manis ini dibuat langsung oleh para siswa dari SLBN B Garut, dengan harga perboxnya yakni 25.000,-  (Dua puluh lima ribu rupiah).

Ia mengungkapkan pihaknya sangat mendukung dan merasa senang karena bisa diundang dalam kegiatan prmososi produk IKM khas Garut ini. Terlebih, ia menilai kegiatan ini merupakan ajang untuk meningkatkan ekonomi, dan ajang untuk mempersiapan siswa agar bisa mandiri serta ikut menjadi bagian dari penggerak ekonomi kreatif. Pungkasnya.

"Bangunan babancong merupakan bangunan panggung, berdenah segi delapan, beratap tajug, dengan delapan pilar berbentuk silinder yang menyangga bagian atap. Di bagian bawah terdapat relung-relung berbentuk lengkung sebanyak delapan buah. Terdapat dua sisi tangga untuk menaiki bangunan, yang saat ini diberi tambahan pintu dari besi. Pipi tangga babancong bermotif lengkung terawangan seperti sisik ular, penutup lantai anak tangga dari keramik, yang tampaknya merupakan penambahan baru".

(Beni)

Banner

Post A Comment: