BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SE.SH.MH., Asih Mintarsih / Firda


Penasihat : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Darma Kusuma


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Firda Asih


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Moch Carkim, Darma Kusuma, Wastija, Ferry Rusdiono, BRIGEN POL (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi, Wagi Altasya, Ating


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Nurrudin


Korlap : Agus Tri


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Muhadi, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono, Showadi, Akrudi SH, Nurkaman SH, Betran Ernowo, Rizqin Khaerunisa


Pemasaran : Renaldo Ernowo SE


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng :


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung : Eko Hariyanto


Wartawan Investigasi : Asep Saefulloh


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Prayoga


Kabupaten Cirebon : Suwandi


Cirebon Timur : Nurhendi


Cirebon Utara : Supriyadi


Cirebon Barat : Sispono Sindu


Indramayu :Parto


Kuningan :


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi :


Banten :


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara :


Tegal : Sukri



Brebes :Sumiati


WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Tatang, Godrianto, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Suparman, Safitri, Moch Prayogi


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : Uung Maskur,S Dede Suhardi, Didin fachrudin


Indramayu : Aan Haryati


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Megi, Fitri Herliani


Bandung : Jamaludin


Cimahi :


Bekasi : Siti Sarah


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0895 7087 71888 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Disdamkar Garut Garda Terdepan Saat Kebakaran, Kami Berharap Dukungan Dari Berbagai Pihak

 


Koran Cirebon.Garut- Kejadian musibah kebakaran di Kabupaten Garut dalam kurun waktu delapan bulan (Januari - Agustus 2022) sudah menelan kerusakan Rumah permanen maupun rumah semi permanen, dan juga Rultilahu berjumlah 137 rumah yang terbakar. Ungkap Kasi operasi penanggulangan kebakaran Dani Ramdani, S.Sos, saat ditemui di ruang kantornya Jln. Pasar Ciawitali, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Kamis, 22 September 2022.

Menurut Dani penyebab kebakaran tersebut sumber penyebabnya bermacam-macam, ada yang diduga dari konseling listrik, kebocoran kompor gas sat memasak, dari tungku kayu bakar yang merembet ke kayu, dan juga dari nyamuk bakar yang menempel dengan bambu atau papan" Ujarnya.

Lajut Dani adapun kendala-kendala yang kami alami itu salah satunya dari segi jalur akses dari Mako ke lokasi kejadian kebakaran, tidak sedikit banyak kendala mengalami hambatan, misalnya seperti jalur jalan merdeka itu suasananya sangat ramai, sehingga kami pun terkadang dipandang lambat. Imbuhnya.

"Selain itu peralatan kami masih belum memadai, harapan kami untuk semua pihak ikut membantu, kedepannya bisa terpenuhi peralatan-peralatannya untuk penanggulangan kebakaran yang terjadi di Kabupaten Garut" Harapnya.

Contoh kecil, selang Air menuju tempat kebakaran itu standard panjang dibutuhkan 300 Meter tiap mobil pemadam, untuk semetara kita punya selang panjang 100 - 150 Meter rata-rata, sehingga bila terjadi dilokasi yang jauh kita menyambung dulu dengan selang mobil kedua, itu kan lama. Tuturnya.

Selain itu mungkin kedepan kita berharap memiliki motor di desain khusuas untuk menuju Tempat Kejadian Kebakaran (TKK), saat membuka jalan, sehingga bisa membuatu Koordinasi dengan warga ditiap persimpangan jalan untuk bisa memperlancar mobil pemadam kebakaran saat melintas, karena sementara ini pakai motor pribadi. Paparanya.

"Selain itu untuk memperbanyak Alquon (mesin gendong) penyedot air dari setiap unit, sehingga bisa digunakan untuk menyedot air dari sumur warga atau dari tempat air solokan atau got air, saat kondisi darurat" Imbuhnya.

Selain itu Kami meghimbau terhadap masyarakat tolong diberikan ruang jalan mobil pemadam kebakaran saat melintas, selain itu saat melewati rambu lalulintas (lampu sedang merah) bila ada petugas aparat kepolisian diharapkan untuk bisa membantu melancarkan unit Damkar. Tandasnya.

"Agar kami untuk sampai ke lokasi tepat dan tidak terlambat, karena tugas kami itu, tugas sosial dan tujuannya untuk menyelamatkan rumah-rumah atau orang yang memerlukan penyelamatan"

Untuk mengurangi kebakaran di Kabupaten Garut, kiranya semua pihak ikut berperan, baik dari Pemerintah Desa maupun dari pihak Rt/Rw untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat agar tidak meninggalkan rumah saat memasak, intalasi listrik tidak banyak sambungan dan dalam kondisi baik, begitupun saat membakar sampah harus jauh dari pemukiman warga.

Dalam kesempatan ini Saya mengingatkan demi mengurangi kemiskinan warga di Kabupaten Garut, bayangkan bila kerusakan rumah beserta isinya berjumlah 137 unit rumah yang terbakar dikalikan kerugian rata rata Rp.50.000.000 sekitar Rp 6.850.000.000,- (Enam miliar delapan ratus lima puluhan juta rupiah) warga kehilangan harta benda.

Maka dari itu mari kita jaga keselamatan rumah kita dari bahaya kebakaran, karena bila terjadi kebakaran dalam waktu 10 - 20 menit saja rumah akan hangus terbakar. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

Banner

Post A Comment: